SEJARAH SINGKAT PMAT UIN Raden Fatah Palembang


SEJARAH SINGKAT PMAT  UIN Raden Fatah Palembang


Sejarah PMAT UIN Raden Fatah Palembang

Anggota Paguyuban Mahasiswa Anak Transmigran UIN Raden Fatah (PMAT UIN-RF) merupakan Mahasiswa terpilih hasil seleksi  Program Penjaringan Siswa Berprestasi Daerah Transmigrasi (PPSBDT) program ini merupakan program dari Kementrian Desa, Pembangunan daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (KEMENDESA).  

Selama kurun waktu 21 tahun dinamika perubahan telah banyak terjadi. Paguyuban Mahasiswa Anak Transmigran (PMAT) memiliki cita-cita luhur membentuk mahasiswa anak transmigran yang unggul dan berlandaskan kekeluargaan. Sehingga PMAT dijadikan sebagai wadah anak-anak transmigran dalam pengembangan karakter dari basis tersebut.

PMAT terdapat di dua tempat yang pertama yaitu di Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) - Purwokerto dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah - Palembang. PMAT UNSOED berdiri sejak tanggal 1 Oktober 1998 dengan sejarah panjang yang akhirnya membentuk PMAT kala itu, diawali dengan nota kesepahaman bersama antara Departemen Transmigrasi dan Permukiman Perambah Hutan pada tahun 1994. Dimana isi dari MoU tersebut adalah kerjasama dalam bidang pembiayaan pendidikan tinggi kepada anak-anak transmigran di Unsoed dan dengan MoU tersebut YKPAT (Yayasan Kepedulian Anak Transmigran) menjadi yayasan yang menaungi Mahasiswa anak Transmigran Unsoed. Ketua YKPAT kala itu dalah Bpak Prof. Rubijanto Misman hingga sekarang.

Seiring berjalannya waktu PMAT mulai melebarkan sayap dengan membentuk PMAT baru di UIN Raden Fatah Palembang yang dimotori oleh Pengurus PMAT Unsoed 2015/2016. Selain itu,  suatu waktu nanti, organisasi PMAT akan menjadi besar dan terus berkembang di berbagai daerah, dan menggerakkan seluruh mahasiswa yang berasal dari daerah Transmigrasi untuk terus bersatu dan maju membangun daerah transmigrasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEJARAH SINGKAT PMAT UIN Raden Fatah Palembang"

Post a Comment